Desa Mengwi Pasang CCTV Di Pura Untuk Cegah Pencurian Pratima

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - “Sebelum dipasang CCTV masyarakat kami selalu makemit atau berjaga di pura setiap malam karena was-was dengan pencurian pratima,”
Hal itu disampaikan oleh Perbekel Desa Mengwi, I Ketut Umbara. Pria yang memiliki kumis tebal itu mengatakan, pembangunan adalah indikator kemajuan dari sebuah masyarakat, tidak hanya pembangunan fisik yang penting, tapi fasilitas yang dapat membuat masyarakat menjadi nyaman dan aman.
Oleh karena itu, perangkat Desa Mengwi memiliki inisiatif untuk memasang CCTV di Pura Dalem dan Pura Desanya untuk mencegah terjadinya pencurian pratima yang dulu sempat marak di Bali.
"Dengan dipasangnya CCTV kami lebih bisa memantau keadaan pura dari jauh," ujarnya saat ditemui awak media menggenakan baju endek warna biru.  
CCTV yang ada di Pura Dalem dan Pura Desa berjumlah empat, yakni di pintu masuk, tempat menyimpan pratima ,di pojok pura, dan daerah belakang pura.
"Untuk pos pemantauan CCTV di Pura Dalem dan Pura Desa ada di Kantor Bendesa Adat Mengwi," ujarnya.
Penggunaan CCTV di pura tersebut dapat terealisasi setelah adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Badung sebesar Rp3,8 miliar yang diperuntukan untuk kegiatan pembangunan dan operasional desa. “Dari dana tersebut kami alokasikan sebagian kecil untuk pengadaan CCTV di pura, alokasi dana tersebut 25 persen untuk oprasional dan 75 persen untuk pembangunan di desa,” ujarnya.
 
Source : tribunnews.com

Related

Seputar Bali 8497961013466751317

Post a Comment

emo-but-icon

item