Warga Sempat Jumpai Sosok Celuluk

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali -  Kehidupan masyarakat di Bali memang tidak terlepas dari hal yang bersifat mistis dan cerita yang berbau sakral. Seperti Banjar Batuculung, Desa Kerobokan, Kuta Utara ini. Pada awal tahun 2000m sempat heboh karena kemunculan sesosok yang diyakini oleh oleh warga sekitar sebagai
“Sosok tersebut muncul pada malam hari saat rerainan (hari yang disucikan umat Hindu) dan bersandar di tiang listrik di sebelah balai banjar,” kata Kelihan Adat Banjar Batuculung I Putu Gunawan (49) kepada Tribun Bali, Sabtu(2/8/2014).
Gunawan menceritakan pada sebuah malam ada warganya yang pulang dari bekerja dan kebetulan rumahnya berada di gang sebelah balai banjar, untuk pulang haruslah melewati tiang listrik di sebelah balai banjar.
Ketika melihat sosok celuluk tersebut dia batal pulang dan berada di mini market hingga pagi. “Kejadian tersebut sempat menghebohkan warga kami,” ungkapnya.
Menurut penuturan Gunawan, sosok celuluk tersebut merupakan sesuunan yang sebelumnya berupa tapel atau topeng celuluk yang dipergunakan untuk pentas dhrama gong.
“Pada tahun 70-an banjar kami memiliki sekaa dhrama gong, namun seiring perjalanan waktu sekaa tersebut pakum dan topeng itu di pinjam oleh beberapa orang,” ungkapnya.
Karena adanya kejadian tersebut akhirnya pihak banjar memiliki inisiatif mencari tapel celuluk dan dibawa oleh seorang seniman di Desa Kerobokan. “Pada 2009 akhirnya kami membuat upacara untuk menyucikan tapel tersebut dan dilinggihkan di Balai Banjar,” terangnya.
Namun, beberapa waktu kemudian dari penglingsir (tokoh masyarakat) di Banjar kami meminta agar topeng tersebut dipindah ke pura Puseh Banjar. “Hingga sekarang masih berada di Pura Puseh banjar,” ujar Gunawan.
Selain sesuunan berupa topeng celuluk, Banjar Batuculung juga memiliki dua sesuunan lain yakni, topeng rangda dan barong. Kedua sesuunan tersebut di buat pada tahun 2011.
“Biaya pembuatan hingga mengupacarainya menghabiskan Rp 1,5 miliar,” kata Gunawan. Pembuatan rangda dan barong tersebut untuk melengkapi topeng celuluk yang telah ada sebelumnya. 
 
Source : tribunnews.com

Related

Seputar Bali 415252646811103704

Post a Comment

emo-but-icon

item