Menperin: Inovasi dan Kesiapan Teknologi Pilar Penting Tingkatkan Daya Saing Ekonomi

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, ada dua pilar penting yang mampu mendukung peningkatan daya saing ekonomi nasional, yakni inovasi dan kesiapan teknologi. Saleh mengungkapkan, tingkat inovasi Indonesia masih cukup baik. Posisi Indonesia ada di peringkat 31 dari 144 negara, sedangkan kesiapan teknologinya masih jauh di posisi 77.

“Hal ini mencerminkan bahwa riset yang telah dilakukan lembaga litbang, hasilnya masih banyak berujung pada laporan dan publikasi. Sementara itu, teknologi yang dihasilkan juga masih banyak belum siap untuk digunakan oleh penggunanya, yaitu industri,” katanya dalam sambutan di acara Forum Inovasi Teknologi dan Konferensi Nasional Inovasi Technopreneurship 2015 di Jakarta, Rabu (3/6).

Menurut Saleh, tuntutan peran penelitian dan pengembangan dalam meningkatkan daya saing industri di masa yang akan datang semakin strategis sesuai dengan dinamika persaingan antarnegara yang semakin ketat, terutama di bidang industri dan perdagangan.

Saleh meminta kepada seluruh lembaga yang melakukan litbang industri dapat terus melakukan berbagai upaya strategis, antara lain pelaksanaan inovasi dan riset-riset yang dibutuhkan industri, penyediaan solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh dunia industri, revitalisasi fungsi litbang teknologi dalam rangka peningkatan penguasaan teknologi atau percepatan alih teknologi dan kemandirian bangsa, serta peningkatan penerapan hasil-hasil litbang nasional dan perlindungan hak kekayaan intelektual (HKI).

“Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penguatan struktur industri melalui pengembangan industri prioritas sesuai Undang-Undang Nomor 3 tahun 2014 tentang Perindustrian,” kata dia. 


Dikutip dari : SeputarUKM.com

Related

UKM 7693697848707968420

Post a Comment

emo-but-icon

item