Salah Satu Teroris Paling Dicari di Dunia Membelot dari ISIS

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - SALAH satu teroris paling dicari dunia, kepala operasi ISIS di Eropa dikabarkan telah melarikan diri dari Suriah. Perencana serangan teror yang menewaskan ratusan orang di Paris dan Brussels itu membawa rahasia-rahasia penting yang diinginkan oleh Barat.
Pria berkewarganegaraan Prancis yang menggunakan nama Abu Suleiman itu kini diyakini menjadi incaran ISIS dan negara Barat sebagai sasaran bernilai tinggi. Dia diyakini berada di Turki, atau mungkin berada dalam perlindungan otoritas Turki dengan syarat tertentu.
Informan Suriah Abu Khaled yang memiliki jaringan di dalam ISIS mengatakan, Abu Suleiman telah membelot dari Jarablus kota di dekat perbatasan Turki yang berada dalam kontrol ISIS. Menurut keterangan Khaled, dia membelot bersama dengan 14 orang warga Prancis lainnya pada Juni lalu.
“Dia membelot dari Jarablus ke Kota Karkamish di sisi lain. Mereka pasti memiliki semacam perjanjian dengan otoritas Turki,” kata Abu Khaled sebagaimana dikutip dari Mirror, Minggu, (7/6/2016). Jika kabar ini benar, maka pembelotan Abu Suleiman bisa menjadi pukulan keras untuk ISIS.
Sangat sedikit informasi mengenai Abu Suleiman, dan tidak ada foto dirinya yang ada di publik. Dia diyakini telah memegang atau mewarisi peran sebagai pimpinan operasi ISIS di Eropa setelah pimpinan sebelumnya Abdelhamid Abaaoud tewas dalam penggerebekan polisi di Belgia.

Sebelum bergabung dengan ISIS, Abu Suleiman adalah seorang pengulat semi profesional yang menjalankan gym di Paris, Prancis. Pria yang diduga keturunan Maroko atau Tunisia itu diidentifikasi oleh intelijen Prancis sebagai kepala seluruh operasi ISIS di Eropa.

Dikutip dari Okezone

Related

Dunia 3721657606504726586

Post a Comment

emo-but-icon

item