Terima LHE AKIP2016, Bupati Suwirta Akan Evaluasi Kinerja dan Program Kerja

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Kita mesti mengevaluasi lagi kinerja kita serta harus lebih fokus dan selektif pada kegiatan/program yang akan benar benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sesaat setelah menerima Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) dari  Menteri PANRB Asman Abnur dikantor Gubenur Jawa Timur, Surabaya, Selasa (31/1). 
Ditambahkan pula, program yang selama ini telah berjalan akan dibedah lagi untuk mengetahui dimana letak dari kelemahan kegiatan/program, sehingga menjadi benar benar efisien dan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. " Kita akan berupaya untuk memperbaiki kinerja kita lagi dengan dukungan dan bimbingan dari inspektorat provinsi, kegiatan seperti rapat dan pertemuan yang tidak dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat juga akan dikurangi," ujar Bupati Suwirta.
Pada LHE AKIP 2016 ini Klungkung masih dengan predikat C, dengan point sebesar  45,73. Namun tahun ini mengalami peningkatan point dari tahun sebelumnya yang hanya memperoleh nilai 37 point. 
LHE AKIP 2016 yang dilakukan kementerian PANRB kali ini merupakan seri kedua setelah sebelumnya dilakukan penyerahan LHE AKIP kepada pemerintah kabupaten/kota wilayah regional I yang dilaksanakan di Bandung (25/1) lalu.
Dalam sambutannya Menteri PANRB Asman Abnur memberikan apresiasi atas upaya upaya perbaikan nyata bagi peningkatanan efisiensi birokrasi yang dilakukan oleh kabupaten kota khususnya wilayah II. Karena memang terdapat beberapa unit kerja yang telah menerapkan e-budgeting dilingkungan masing masing. E-budgeting merupakan program penganggaran kegiatan berbasis elektronik yang merupakan sebuah langkah signifikan dalam upaya mencegah program/kegiatan siluman dan mencegah penyimpangan  penggunaan anggaran pemerintah.

MenPANRB juga menyampaikan bahwa hasil evaluasi AKIP yang dilakukan pihaknya pada tahun 2016 menunjukkan terjadi peningkatan rata rata nilai evaluasi pada kabupaten kota dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2016 rata rata nilai evaluasi AKIP Kabupaten/Kota adalah 49,87 atau meningkat 2,95 poin dari tahun 2015 yang hanya 46,92.

Kepada para bupati walikota dan sekertaris daerah, MenPANRB mendorong para pemimpin daerah lebih serius lagi untuk memberikan fokus dan komitmen bagi terwujudnya tata kelola  pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil. "Wujudkan predikat yang baik agar rakyat merasakan betul hasil kinerja pemerintah dalam kehidupannya," tegas menteri Asman.humasklk/jim

Related

Warta Semarapura 294154920247853231

Post a Comment

emo-but-icon

item