Wow! Ribuan Pemedek Pasek Padati Catus Pata Kota Semarapura, Ada Apa Ya?


Wow! Ribuan Pemedek Pasek Padati Catus Pata Kota Semarapura, Ada Apa Ya?

Srinadi 99,7 FM | Radio Bali - Ribuan pemedek Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) memadati areal catus pata Kota Semarapura, Minggu (9/4/2017) pagi.
Ribuan pemedek yang berasal dari seluruh penjuru daerah di Bali tersebut mengikuti rangkaian upacara pemelastian nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana dari Besakih menuju Goal Lawah dan  Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana di Pundukdawa, Dawan, Klungkung.
"Melasti nuntun Ida Bhatara Mpu Ghana ini akan diikuti sekitar 20  ribu pemedek warga Maha Gotra Pasek Sanak Sapta resi yang ada di seluruh Bali," jelas ketua panitia karya, Nyoman  Putra Suarjana. 
Pada kegiatan melasti tersebut, iring-iringan dari besakih  akan berhenti sampai di Catus Pata, kemudian dari Catus pata pengungsung Ida Betara akan berjalan kaki menuju pura Goa Lawah.
Setidaknya ada 4 etape yang harus dilewati oleh pemedek saat melasti, yaitu etape pertama dari Catus Pata ke simpang empat Satria yang dipunut oleh umat dari Klungkung dan Gianyar. 
Dari Satria menuju Tiing Adi  dipunut oleh umat dari dari Kabupaten Bangli dan Denpasar.
Selanjutnya, di Simpang Empat Tiing Adi menuju Pura Goa Lawah akan  dipunut oleh umat dari Kabupaten jembrana dan Bangli.
Selanjutnya setelah melasti dari Pura Goa Lawah menuju Punduk Dawa dipunut oleh umat dari Karangasem dan Buleleng.
Panitia karya pun berharap, piodalan perdana di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Ghana di Pundukdawa dapat berjalan dengan lancar dan tertib.
(NusaBali)

Related

Seputar Bali 7654556185673153987

Post a Comment

emo-but-icon

item